Pencarian Referensi di Internet

Posted by WaNtis Minggu, 16 Januari 2011 0 komentar

Internet adalah jaringan yang saling terhubung satu sama lain secara global. Tujuannya adalah untuk mempermudah pertukaran data dari satu komputer ke komputer yang lain bahkan dari Negara ke Negara yang lain.  Bagi mahasiswa kesehatan, informasi yang penting adalah situs dan referensi tentang kesehatan.

Kata Kunci
Kata kunci adalah kata atau gabungan kata yang anda gunakan sebagai petunjuk pencarian referensi. Sebagai contoh kata kunci “bidan desa”. Kata kunci jangan terlalu panjang dan sebaiknya langsung pada topic pencarian.

Mesin Pencarian (Search Engine)
Mesin pencarian adalah suatu situs yang menyimpan data alamat situs lain. Contoh: situs www.google.co.id dan www.yahoo.co.id. Sebelum masuk ke mesin pencarian kita harus membuka terlebih dahulu browser. Browser adalah software yang berfungsi sebagai interface untuk membaca data yang berupa kode situs seperti HTML, PHP dan Java Script. Browser Contohnya: Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, safari, Chrome, WAP dll.

Cara kerja mesin pencarian di google maupun di yahoo nyaris sama, yaitu anda hanya tinggal memasukkan kata kunci pencarian ke kotak pencarian kemudian tekan tombol Telusuri atau Cari atau Enter. Misalnya: kita memasukkan kata kunci “kebidanan dan kandungan” pada kotak kata kunci kemudian tekan enter/telusuri/cari, maka akan muncul situs yang berkaitan dengan kebidanan dan kandungan. Daftar yang muncul adalah adalah penghubung situs yang menghubungkan Google dengan situs yang ada di daftar. Untuk melihat isi situs yang muncul, silahkan anda menekan Judul daftar yang berwarna biru.Setelah tampil halaman web berupa materi yang kita cari, salin/copy naskah materi tersebut ke dalam aplikasi pengolah kata seperti Ms. Word. Caranya: Pilih naskah yang akan kita salin dengan mem-blok naskah tersebut, Klik kanan dan pilih Copy. Buka program Word dan klik Paste. Kemudian simpan dengan nama yang diinginkan.

Google juga menyediakan fasilitas untuk format file. Bagi anda lebih suka memperoleh referensi yang memiliki format PDF daripada HTML. Untuk menampilkan jenis file PDF saja menggunakan filetype:PDF. Sebagai contoh kata kunci “usia remaja filetype:PDF”. Sesuai kata kunci, google akan memunculkan alamat situs yang berkaitan dengan usia remaja dan memiliki format PDF.
Jadi, Pencarian file PDF menggunakan format sebagai berikut:
Kata kunci filetype:PDF

Anda dapat pula menggunakan format filetype untuk mencari tipe file yang lainnya seperti word, excel dan powerpoint. Anda hanya mengganti saja tulisan PDF menjadi format word, excel atau powerpoint.

Selengkapnya lihat tabel berikut:
Filetype
Kegunaan
filetype:doc
Mencari jenis file MS Word 97-2003
filetype:docx
Mencari jenis file MS Word 2007
filetype:xls
Mencari jenis file MS Excel 97-2003
filetype:xlsx
Mencari jenis file MS Excel 2007
filetype:ppt
Mencari jenis file MS Powerpoint 97-2003
filetype:pptx
Mencari jenis file MS Powerpoint 2007
Perlu diketahui fasilitas penggunaan filetype hanya berlaku di google aja, tidak bisa di yahoo.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Pencarian Referensi di Internet
Ditulis oleh WaNtis
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://wantis.blogspot.com/2011/01/pencarian-referensi-di-internet.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Tutorial SEO dan Blog support Online Shop Tas Wanita - Original design by Bamz | Copyright of Wantis' Blog.

Total Tayangan Halaman